Sabtu, 15 November 2014

ANALISIS KOPERASI MITRA DHUAFA

Kelas/Semester: 2EB10 / PTA 2014/2015

Nama Kelompok:
23213864 - Hana Intan Fadhilah
29213986 - Ismi Herdyanti
26213675 - Nurhayati


STRUKTUR ORGANISASI
KOPERASI MITRA DHUAFA


Setiap perusahaan membentuk struktur organisasi yang mengidentifikasikan tugas dan tanggungjawab setiap posisi pekerjaan serta alur hubungan antara posisi tersebut serta saling melengkapi. Struktur organisasi berdampak pada efesiensi dan efektivitas dalam menghasilkan produk dan pada akhirnya akan berdampak pada nilai perusahaan. 

Pada Koperasi Mitra Dhuafa (KOMIDA) dipimpin oleh seorang Annual Member Meeting atau yang biasa disebut rapat anggota. Annual member meeting merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. Hal ini mengandung pengertian bahwa segala keputusan yang sifatnya mendasar mengenai kebijakan pengembangan aktifitas koperasi ditentukan oleh anggota yang disampaikan melalui forum rapat anggota, setiap anggota mempunyai hak yang sama dalam mengeluarkan pendapatnya. Penyelenggaraan rapat anggota sekurang-kurangnya sekali dalam setahun. Annual member meeting dibantu dua bagian, yaitu Advisory Board dan Supervisory Board. Advisory board dan supervisory board mengawasi pekerjaan dari divisi board. Supervisory board dan board memiliki bawahan dan mengawasi pekerjaan dari Internal Audit. Internal audit memiliki beberapa staff dibawahnya yang biasa disebut Staff Audit. 

Board mengkoordinasikan Managing Director. Managing director memiliki tugas, yaitu menjalankan tanggung jawab, mengkoordinasikan peningkatan mutu pelayanan, penelitian, pengabdian dan kerja sama. Managing director dibantu oleh dua bagian divisi yang sama-sama memegang jabatan sebagai Director, yaitu HRD and Financial Director dan Operasional Director.

HRD and financial director dibantu oleh 3 divisi bagian, ada Finance Manager, HR Manager serta General Manager. Tugas dari Finance manager adalah perencanaan keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraan serta kegiatan-kegiatan lainnya untuk periode tertentu. mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan. mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana tersebut. HR Manager memiliki tugas untuk merancang dan melakukan kegiatan pemasaran, merumuskan strategi dan mengkoordinir kegiatan promosi dan branding. Sedangkan dalam sebuah perusahaan tugas dari general manager adalah memimpin perusahaan. Selain itu, seorang general manager memiliki tanggung jawab pada keseluruhan sistem yang berjalan dalam sebuah perusahaan. Dalam melaksanakan fungsinya, general manajer akan dibantu oleh beberapa manajer yang memiliki fungsi spesialisasi. Ketiganya dibantu oleh staff berdasarkan masing-masing bagiannya, seperti Accounting staff, Administrasi staff, HR staff, dan General staff.

Operasional Director dibantu oleh tiga bagian, yaitu Operasional Manager, SPM & Reporting Manager, serta Mts Manager. Operasional manager sendiri bertugas untuk mengambil keputusan yang berkaitan dengan fungsi operasi dan system transformasi, perancangan dan desain system, rancangan tugas pekerjaan. Operasional manager dibagi tiga bagian, yaitu Regional Manager A, Regional Manager B, dan Regional Manager C. Ketiga bagian ini, operasional manager, SPM & reporting manager dan Mts Manager dibantu oleh para staffnya masing-masing. 










Daftar Pustaka:
http://ka02-2008.blogspot.com/2012/03/membuat-struktur-organisasi-sederhana.html http://hrefel.blogspot.com/2014/01/struktur-organisasi-dan-implementasinya.html




Tidak ada komentar:

Posting Komentar